ngobrolbarengsantri

lelah hanya sebuah siklus, teruslah berlari hingga kelelahan lelah mengejar kita

KAMAR KOTOR

pada Mei 6, 2012

Entah sudah berapa kali dalam bulan ini aku mendengar umi yang mengingatkan untuk membereskan kamar

Entah sudah berapa kali terbersit keinginan untuk membereskan kamar ini.

Entah sudah berapa kali kulihat pembantuku mengantarkan baju ke kamar dengan menggelengkan kepala, tapi dia tak sanggup untuk membereskannya karena umi selalu berkata kebersihan kamar itu tugas anak umi masing-masing. aku juga tak bisa menyalahkan pilihan hidupku yang mengharuskan aku untuk berangkat ke kampus pagi dan pulang ke rumah malam karena amanah-amanah ku. namun pikiran ini kembali melayang ke saat aku masih berstatus sebagai santri sebuah pondok pesantren di Boyolali dimana aku selalu membereskan kamar setelah setoran hafalan pada ustadz Slamet, disaat para a’do asrama ku masih terlelap dalam tidur setelah subuhnya. mengepel lantai depan yang kulakukan setiap hari entah berapa bulan dan juga menyapu bagian dalam asrama. dulu Faiz atau Rois selalu lewat sambil menanyakan, ” koq kamu kerjanya ngepel terus kak, a’do mu pada kemana?” atau sapaan ustadz slamet yang memanggil namaku “dzikri asykarullah. tentara Allah yg selalu berdzikir”. dan kondisiku saat ini yang jorok dan kotor sangat berbeda dari kondisiku 2 tahun yang lalu saat masih di pesantren.

jam di hand phone ku sudah menunjukkan pukul 12 lebih 44 menit malam dan aku masih membereskan buku-buku ku sembari tersenyum mengenang masa lalu.

Tinggalkan Balasan

